SATELIT BRI: PELUNCURANNYA MERUPAKAN SEJARAH BARU

Dengan adanya BRIsat, BRI jadi memiliki tambahan kapasitas komunikasi untuk operasionalnya. BRI bisa memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan perbankan.

Satelit BRI sering disebut juga dengan BRISat milik BRI yang sudah di launching dan di luncurkan pada tanggal 8 Juni 2016 jam 20.30 UTC di Kourou, French Guiana, Amerika Selatan, atau 9 Juni 2016 pukul 03.30 WIB. Peluncuran BRISat ini menggunakan roket Ariane 5 milik perusahaan Arianespace.


BRISat merupakan sejarah baru karena BRI menjadi satu-satunya perusahaan di dunia yang bergerak pada sektor perbankan yang memiliki dan mengoperasikan roketnya sendiri.

BRIsat membuat BRI mampu menjangkau yang tidak terjangkau, misalnya masyarakat yang berada di pedalaman dan pulau terluar. Dengan semakin terbukanya akses keuangan, maka BRI turut berkontribusi dalam menyukseskan program inklusi keuangan yang dicanangkan pemerintah.

Peluncuran BRIsat juga merupakan langkah pemanfaatan orbit 150,5 BT yang sempat kosong. Dengan beroperasinya BRIsat di orbit tersebut, berarti orbit 150,5 BT berhasil diamankan karean tetap diisi oleh satelit milik Indonesia.

Spesifikasi BRISat


  • Jenis: Satelit komunikasi
  • Massa: 1887 kg (tanpa bahan bakar), 3540 kg (dengan bahan bakar)
  • Frekuensi: C-Band, KU-Band
  • Lokasi: Orbit Geostasioner, yaitu 36.000km di atas ekuator
  • Umur: By design 15,1 tahun; By fuel 17 tahun
  • Peluncur: Arianespace (Prancis)
  • Roket: Ariane 5
  • Platform: 1300

A. Untuk UMKM di Pasar

BRI bekerjasama dengan nasabahnya yaitu merchant di pasar-pasar melalui Teras Pasar BRI. BRIsat terhubung ke darat melalui VSAT dan berfungsi sebagai Wi-Fi Hotspot serta LAN.

Wi-Fi Hotspot dari BRIsat digunakan untuk mendukung jalannya sistem pembayaran terintegrasi seperti: LAS Mobile Wi-Fi, EDC Wi-Fi, Pos Wi-Fi dan situs BRIlink.

Wi-Fi Hotspot ini memberikan akses internet gratis bagi merchant maupun nasabah di Teras Pasar BRI. Sementara itu koneksi LAN berfungsi untuk menyediakan layanan BRI Vision (siaran TV terbatas BRI untuk penyuluhan UMKM dan pemasaran produk BRI)

B. Untuk Teras Mobile BRIsat dan Internal Wi-Fi

BRIsat akan sangat membantu operasional Teras Keliling, Teras Kapal dan E-Buzz (ATM). Teras Keliling dan Teras Kapal merupakan layanan perbankan BRI untuk nasabah-nasabah di pelosok serta pulau terluar Indonesia.

Wi-Fi Hotspot dari BRIsat digunakan untuk mendukung jalannya sistem pembayaran terintegrasi seperti: LAS Mobile Wi-Fi, EDC Wi-Fi, Pos Wi-Fi dan situs BRIlink.

Wi-Fi Hotspot ini memberikan akses internet gratis bagi merchant maupun nasabah di Teras Pasar BRI. Sementara itu koneksi LAN berfungsi untuk menyediakan layanan BRI Vision (siaran TV terbatas BRI untuk penyuluhan UMKM dan pemasaran produk BRI).

0 Response to "SATELIT BRI: PELUNCURANNYA MERUPAKAN SEJARAH BARU"