LENGKAP: 5 METODE CARA TRANSFER UANG DI BCA

Saya yakin, bagi anda yang masih pemula sekali ketika ingin transfer dengan menggunakan BCA biasanya cara yang digunakan adalah transfer melalui kantor cabang BCA atau melalui ATM.

Karena itu yang paling umum, saya pun dulu demikian dan bahkan sampai saat ini beberapa kali masih menggunakan ATM BCA sebagai sarana transfer uang.

Memang tidak salah, namun seiring perkembangannya transfer melalui kantor cabang mulai ditinggalkan. Mereka lebih memilih praktis dan cepat kecuali memang transfer menggunakan uang tunai itu alternatifnya ke kantor cabang atau menggunakan ATM setor tunai.

transfer uang bca

Bagi anda yang menginginkan transfer uang dengan cepat, mudah dan praktis bisa menggunakan fasilitas SMS Banking dan Internet Banking. Dengan perkembangan internet yang sangat cepat anda bisa transfer uang dengan menggunakan smartphone dan komputer dengan syarat sudah terhubung ke internet apabila anda memilih menggunakan Internet Banking.

Tentu anda akan lebih menghemat tenaga dan waktu tanpa keluar rumah, tanpa pergi ke kantor cabang, tanpa pergi ke ATM transaksi anda bisa terselesaikan dalam hitungan menit saja.

Untuk itu, saya sengaja menyajikan informasi khusus bagi anda yang ingin transfer menggunakan layanan BCA. Mau transfer ke sesama BCA atau ke bank lain seperti BRI, BNI, MANDIRI, Danamon atau bank lainnya terserah anda. Berikut adalah metode transfer BCA :

#1. Cara Transfer Uang Melalui Kantor Cabang BCA

  1. Siapkan uang anda yang ingin di transfer
  2. Siapkan nomor rekening dan nama pemilik rekening tujuan
  3. Pergi ke kantor cabang BCA terdekat
  4. Isi form transfer
  5. Ambil antrian, dan tunggu hingga dipanggil oleh teler
  6. Berikan form transfer dan uang yang ingin anda transfer pada petugas teller
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai
Beberapa menit proses transfer anda akan selesai. Anda akan mendapatkan bukti transfer. Selain itu biasanya anda diminta juga untuk mengisi berita atau note transfer kalau itu diperlukan. Kalau tidak anda bisa mengosongkannya.

#2. Cara Transfer Uang Melalui ATM BCA Terdekat

  1. Siapkan kartu ATM anda
  2. Cari ATM BCA terdekat
  3. Masukkan kartu ATM dan PIN anda
  4. Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  5. Pilih menu "Transfer" - pilih menu "Ke Rek. Bank Lain"
  6. Anda bisa memasukkan kode bank yang dituju dan dilanjutkan dengan nomor rekening. Untuk kode bank anda bisa lihat pada postingan ini (daftar kode bank lengkap). Selain itu, anda bisa menggunakan dan melihat daftar kode bank yang sudah disediakan oleh mesin ATM.
  7. Masukkan jumlah uang yang ingin anda transfer.
  8. Masukkan nomor referensi, nomor referensi ini bebas apabila memang tidak ada referensi anda bisa kosongkan saja.
  9. Maka layar pada mesin ATM akan menampilkan informasi terkait data transfer anda mulai dari nomor rekening, nama pemilik rekening tujuan, jumlah transfer. Apabila anda sudah yakin dan benar atas uang yang ingin anda transfer maka pilih "Ya" / OK.
  10. Maka transfer uang akan di proses tunggu beberapa saat dan struk akan keluar.
  11. Proses transfer selesai.
Setelah melakukan transfer uang dengan ATM BCA, anda cek kembali jangan sampai ada yang tertinggal seperti kartu ATM anda. Karena sering terjadi ATM tertinggal dalam mesin ATM. Untuk itu, waspada jangan sampai terjadi pada anda.

#3. Cara Transfer Uang Melalui SMS Banking BCA

Untuk melakukan transfer uang BCA melalui SMS Banking anda harus sudah terdaftar layanan SMS Banking BCA. Prosesnya sudah saya tulis dengan lengkap di (Panduan Daftar SMS Banking BCA).

Atau, anda bisa ke kantor cabang BCA terdekat untuk mengaktifkan SMS Banking BCA. Kalau anda daftar SMS Banking sendiri dari mesin ATM. Anda hanya terbatas pada transaksi non finansial saja seperti cek saldo, cek mutasi dan lain-lain.

Untuk itu anda juga bisa bertanya bagaimana format transaksi transfer menggunakan SMS Banking BCA dan anda akan dipandu.

Apabila layanan SMS Banking anda sudah aktif dan bisa dibuat transaksi anda bisa lanjut transfer dengan SMS Banking BCA. Untuk format transaksi lainnya anda juga bisa lihat disini (Daftar Lengkap Format SMS Banking BCA)

#4. Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BCA

1. Pastikan anda sudah terhubung ke internet dan akses www.klikbca.com dengan smartphone atau komputer anda.
2. Anda bisa login dengan memasukkan User ID dan password.
3. Pada bagian sebelah kiri terdapat pilihan menu. Pilih "Transfer Dana".
4. Selanjutnya Pilih "Transfer ke Rek.BCA".
5. Pada tahapan ini anda bisa memulai mengisi data yang diperlukan, untuk tahap input KeyBCA harap diperhatikan dengan seksama. Karena biasanya di sini banyak yang bingung.
  • Masukkan nomor rekening
  • Masukkan jumlah uang yang akan di transfer
  • Masukkan berita untuk keterangan transfer
  • Nyalakan KeyBCA kemudian anda bisa memasukkan kode untuk membukanya. Apabila sudah terbuka anda bisa menekan angka 2 dan anda bisa memasukkan 8 digit kode di smartphone atau laptop. Nah, dari angka yang dimasukkan KeyBCA akan merespon. Anda masukkan pada form urutan ke lima.
6. Pilih "transfer sekarang" klik "lanjutkan".
7. Setelah anda memasukkan angka respon dari KeyBCA apply 2 maka anda bisa menekan tombol merah pada KeyBCA fungsinya untuk memunculkan notifikasi apply lagi. Anda bisa langsung menekan 1 (artinya anda melaksanakan fungsi KeyBCA apply 1). dari kode angkat resepo yang anda dapat dari apply 1 masukkan ke form "RESPON KEYBCA APPLI 1" - Klik "Kirim".
8. Proses selesai. Notifikasi transaksi transfer anda ke sesama rekening BCA sudah di proses. Anda bisa mencetak atau menyimpan struk bukti transfer. Anda bisa logout untuk mengakhirinya.

Note langkah memasukkan KeyBCA:

  • Saat muncul respon 2 di layar monitor laptop/pc, maka anda harus memencet angka 2 di keyBCA, kemudian memasukkan 8 angka kode yang tampak di layar laptop/pc ke KeyBCA tersebut.
  • Dan ketika muncul respon 1 di layar monitor laptop, anda juga harus memencet angka 1 di key BCA.
  • Angka-angka respon yang mucul di keyBCA anda masukkan ke form isian sesuai urutan di layar monitor.
Cara ini anda harus benar-benar paham karena apabila anda melakukan kesalahan 3x berturut-turut maka Internet Banking anda akan di blokir sehingga apabila sudah seperti itu maka anda bisa mengaktifkannya kembali ke kantor cabang BCA.

Setelah proses transfer selesai, anda akan menerima notifikasi berupa email history transaksi yang tadi anda lakukan.

Anda tidak perlu takut untuk mencoba, anda bisa lakukan tes transfer ke saudara, teman, atau siapa saja yang dekat dengan anda dengan jumlah kecil dulu kala sudah berhasil dan terbiasa maka anda bisa gunakan transfer ke rekening lainnya untuk sarana transaksi perbankan anda.

#5. Cara Transfer Uang Melalui Mobile Banking BCA

  1. Pastikan anda sudah terdaftar layanan Mobile Banking BCA.
  2. Anda bisa download kemudian install aplikasi BCA mobile pada perangkat anda seperti smartphone. Aplikasi ini sudah support untuk pengguna android, blackberry, iOS dan Windows Phone. Anda bisa baca disini lengkap dengan perangkat yang mendukung aplikasi BCA mobile (Aplikasi BCA Mobile Banking).
  3. Buka aplikasi dan login BCA Mobile Banking dengan memasukkan kode akses.
  4. Pilih m-transfer.
  5. Pilih "daftar transfer".
  6. Pilih "antar rekening".
  7. Pilih atau anda bisa memasukkan rekening tujuan anda pada kolom rekening 1 - Klik Send.
  8. Masukkan PIN BCA Mobile Banking.
  9. Maka anda akan diminta untuk mengirim SMS ke nomor 69888 - Klik Send.
  10. Maka akan muncul nama pemilik rekening dan nomor rekening. Anda bisa centang pada bagian pojok kanan atas. - Klik Send.
  11. Kemudian Pilih transfer.
  12. Pilih antar rekening, ke rekening : anda bisa pilih daftar transfer yang sudah di daftarkan dan memasukkan jumla uang yang ingin anda transfer. Selain itu, anda bisa mengisi kolom berita / keterangan jika diperlukan - Klik Send.
  13. Masukkan PIN BCA Mobile Banking dan pilih OK.
  14. Maka proses transfer akan di proses, akan muncul notifikasi BERHASIL apabila anda sukses melakukan proses transfer.
Bagi anda yang menggunakan BCA Internet Banking dan BCA Mobile Banking. Untuk bisa memastikan bahwa internet yang anda gunakan lancar. Sehingga proses pengiriman uang (transfer) atau transaksi lainnya dapat berjalan dengan sempurna. Karena memang, kelancaran aplikasi ini ditentukan oleh jaringan internet.

Jadi anda mau menggunakan metode transfer BCA yang mana?...

Silakan anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan. Apabila anda ingin transfer tunai bisa langsung ke kantor cabang. Apabila anda ingin cepat tanpa perlu banyak waktu anda bisa menggunakan metode transfer dengan SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking.

Sekian artikel ini, saya harap bisa membantu anda dan memberikan informasi yang bermanfaat. Terima kasih.

Apabila terdapat keluhan seputar layanan dan produk BCA anda bisa hubungi.

0 Response to "LENGKAP: 5 METODE CARA TRANSFER UANG DI BCA"